Tuesday, January 12, 2016

Media Sosial Sudah Ada sejak Abad ke 16

Alba amicorum lebih mirip sebuah buku namun ini buka hanya sekedar buku bahkan lebih mirip seperti media sosial. Ini menunjukan bahwa manusia sudah memiliki media sosial ratusan tahun yang lalu. 



gambar : www.kab.nl

Facebook boleh jadi media sosial yang hasil dari kecanggihan teknologi di zaman ini. Akan tettapi setelah ditelusuri ternyata manusia sudah mengenal media sosial sejak abad ke 16 namanya adalah 'Alba amicorum' kalau dalam bahasa indonesia artinya buku teman. Berikut adalah 7 fakta seputar Alba amicorum 

1. Bermula di universitas
Hampir sama seperti facebook Alba amicorum bermula di Universitas. Pada abad ke 16 bangsawan Belanda, Jerman dan Prancis yang berpergian dalam angka tur pendidikan keliling Eropa untuk memdapatkan pelajaran di berbagai tempat. Buku ini lebih mirip seperti travel jurnal menuliskan pengalaman perjalanan kesan dan pesan dari orang yang mereka temui. Penggunanya mulai dari Ilmuan, filusuf, seniman, akademisi, dan pastinya sesama mahasiswa. 

2. Media remaja untuk bersosialisasi  
Peneliti asal belanda Shopie Raiders, telah mendalami seputar Alba amicourm bagaimana berkembang dan dan berfungsi sebagai media sosial. Shopie menuturkan  buku ini digunakan untuk memperkuat hubungan kekerabatan antar bangsawan di Eropa utara pada abad 16.

3. 'share' pengalaman pribadi  
Isi buku teman umumnya seputar pengalaman pribadi bisa berupa puisi, musik, atau mungkin pendapat tentang hal tertentu. Dan ini hampir mirip seperti facebook di zaman sekarang.

4. 'comment' pegalaman pribadi
Selain itu buku teman juga diminta komentar yang telah dibuat  pemilik buku itu diibaratkan akun media sosial di zaman sekarang. Perbedaan hanya pada saat itu pemilik buku meminta temanya untuk memberikan komentarnya. 

5. Siapa yang membuat gambar indah ke buku teman 
Dilihat dari penelitian yang dilakukan Shopie,buku berisikan gambar-gambar yang indah. siapa yang membuat gambarnya apakah pemilik buku ? ternyata yang membuat gambar tersebut adalah seniman seniman ternama pada zamannya. Maka tidak heran hanya bangsawan yang memiliki Alba amicorum

6. Buku teman pria lebih mirip LinkenId
Alba amicorum digunakan bangsawan kaum adam untuk menggambarkan profesional dirinya sehingga buku ini menjadi referensi pendidikan dan pengalaman kerja dan juga menambah koneksi dengan orang-orang lain kalu saat ini lebih mirip LinkenId sebagai referensi dan koneksi. 

7. Buku teman lebih mirip Facebook
Wanita pada zaman itu tidak terlalu diberi kebebasan untuk keliling dunia akan tetapi mereka tetap memilik Alba namun dengan fungsi yang berbeda. Namun kaum hawa lebih menggunakannya untuk sarana curhat, bertukar gosip, senda gurau dan stalking pria idaman. 


Contoh Alba amicorum untuk wanita


gambar : www.messynessychic.com


Sumber : National Gheography

Share this

0 Comment to "Media Sosial Sudah Ada sejak Abad ke 16"

Post a Comment