Thursday, May 7, 2015

Apa Itu Ilmu Graphologi








Graphologi adalah ilmu membaca karakter seseorang namun yang berbeda disini ilmu graphologi melakukan analisis tidak dati kajian psikologi namun menganalisis lewat tulisan tangan. Sejak zaman kuno memang manusia telah tertarik dengan keanekaragaman dan keunikan sifat masing-masing individu. Lewat tulisan tangan adalah salah satu cara untuk mengetahui karakteristik seseorang.


Graphologi hanya bisa digunakan untuk menganalisa keperibadian saja namun tidak bisa mengubah karakternya dan bentuk tulisan tangannya. Tidak sedikit orang yang tidak percaya dengan graphology bahkan sebagian orang mengangao harus ada bukti analisa sastistik dan penelitian medis terkait hal ini karena sejauh ini tulisan tangan belum terbukti valid karaena akurasinya belum bisa di simpulkan karena kurangnya pendukung alat psikologis.

Graphologi juga telah diterapkan khususnya di perusahaan perusahaan  untuk menganalisa setiap tulisan tanganya ini jelas membantu bagi personalia untuk menganalisis menentukan apakah seorang pelamar pekerjaan sesuai dengan deskripsi pekerjaan, sehingga dapat menghemat waktu dan uang perusahaan serta membantu untuk mengurangi resiko keamanan.

Ilmu ini juga mampu untuk melakukan analisis kepribadian ada lebih dari 300 indikator tulisan tangan yang harus dipertimbangkan dalam melakukan analisis mendalam. Contohnya konsistensi, cara penulisan lengkungan huruf, gerakan, pengelompokan, bentuk harmoni, ritme, kemiringan, ukuran tulisan  ruang kosong yang di gunakan dalam satu kertas dan masih banyak indikator lainya.

Tulisan tangan bisa disebut juga (brainwriting) mengapa demikian karena setiap tindakan untuk membuat tulisan atau membentuk hurup pada mulanya adalah implus dari otak kita. Sehingga tidak jarang setiap orang memiliki tulisan tangan yang berbeda kerena pikiran seorang bisa dipengaruhi cinta, rasa takut, kegembiraan, kebencian, hasrat dan kelelahan yang akan di transmisikan ke jari-jari sat kita menulis. Coba lakukan percobaan ketika anda menulis sebelum tidur dan setelah bangun tidur pasti hasinya seperti apa ?!



Ada juga faktor external dan internal seperti emosi, fisik, lingkungan, kesehatan, masalah dan obat-obatan dapat mengubah tulisan tangan seseorang. Namun sebagian besar manusia memiliki emosi yang stabil sehingga analisa tulisan tangan dapat digunakan sebagai alat penilaian kepribadian yang sangat akurat dan efektif.

Share this

0 Comment to "Apa Itu Ilmu Graphologi"

Post a Comment