Wednesday, April 29, 2015

5 Tips Anti Pikun

Banyak orang yang tidak memperhatikan memori atau daya ingatnya dan membiarkan apa adanya.
Mungkin tanpa melatih memori kita kita sudah bisa mengingat hal seperti huruf-huruf alfabet dan nama-nama saudara kita


Namun untuk menghimpun informasi yang lebih bessar seumpamanya kumpulan fakta-fakta, mengenal nama tokoh atau bahkan menghafal al-quran seseorang harus menggunakan teknik tertentu untuk dapat mengingatnya dengan mudah. 

Jenis - jenis Memori
Ada dua jenis memori pertama adalah memori jarak panjang (long term memori) dan memori jarak dekat (short term memori). 

Memori jarak panjang memiliki fungsi untuk mengingat memori jangka panjang seperti nama, tanggal dan alamat.

Memori jangka pendek disebut juga working memori terdiri dari informasi yang perlu diingat dalam waktu yang singkat memori seperti ini hanya berlangsung beberapa menit dan jam saja. 

Kurang Tidur
Kurang tidur berpengaruh terhadap kualitas dan perkembangan memori dalam otak.

Akibat dari aktifitas yang padat dan kelelahan di siang hari dan ditambah kurang tidue seseorang lebih sulit untuk mengembangkan kemampuan memorinya dan akan lebih sulit pula untuk mengingat fakta-fakta.

Kekurangan tidur juga memengaruhi konsolidasi memori, suatu proses yang akan memperkuat memori sehingga membuatnya berguna. Memastikan tidur cukup akan membuat memori menjadi lebih baik.

Para pakar dari Hardvar melakukan penelitian bahwa tidur yang paling ideal itu adalah 6-8 jam. Hal ini pun di kemukakan oleh Rasulullah Saw dalam anjuran tidur selama 6 jam.

Pengaruh Latihan Mental dan Olah Raga
Para pakar merekomendasikan untuk meningkatkan memori salah satu cara yang teerbaik adalah dengan latihan mental.

Menjaga pikiran tetap aktif akan meningkatkan kualitas memori serta mencegah amnesia.

Contoh melatih mental itu bisa seperti mengerjakan teka-teki silang membaca hal-hal atau topik-topik yang berbeda serta mencoba untuk melatih keterampilan baru. 

Olah raga atau latihan fisik juga membantu dalam membangun memori lebih baik. Minimal 30 menit olah raga dalam seminggu dapat membantu memperlancar peredaran darah di dalam tubuh ini salah satu pendukung dari meningkatkan memori.

Pengaruh Panca Indera
Menggunakan panca indera dapat menguatkan memori. Indera perasa, peraba, pembau, penglihatan, dan pendengaran semuanya berada di wilayah otak yang berbeda.

Semakin banyak kekuatan otak yang difungsikan untuk mengingat atau disini membuat memori maka akan semakin besar memori tersebut dapat diingat dan digunakan kembali.

Pengaruh Mmeonic Device
Menurut American Psychological Association, mnemonic devices atau perangkat mnemonic mampu meningkatkan memori dan memnghudungkan memori lama ke memori baru informasi ini bisa ke berbahgai bentuk berupa gambar atau kata.

Untuk menggunakan perangkat mnemonik visual, disarankan untuk mengasosiasikan gambar 3-D hidup dengan kata yang perlu diingat. Karena dengan gambar apalagi 3d biasanya orang lebih tertarik dan bisa diingat.

Akronim atau jembatan keledai juga dapat membantu menguatkan memori. Perangkat mnemonic dapat digunakan dengan menciptakan kata dari huruf pertama dari ide-ide yang diinginkan.

Contohnya seperti ME-JI-KU-HI-BI-NI-U untuk mengingat nama-nama pelangi.

Share this

0 Comment to "5 Tips Anti Pikun"

Post a Comment