Wednesday, November 11, 2015

Beberapa Hal Mungkin Akan Kamu Sesali Setelah Lulus Kuliah

Kuliah adalah masa paling potensial dalam hidup kamu bayangkan pada masa kuliah setiap dari kita berkesempatan mengembangakan diri kita baik dengan prestasi IPK cumlaude, memimpin organisasi, dikenal dosen, hingga jadi idola adik tingkat.

Namun sayang tidak banyak mahasiswa bahwa berada pada masa menjadi mahasiswa adalah masa keemasan mengembangkan potensi diri terkadang rasa malas mengalahkan segalanya dan pada akhirnya kita tidak memanfaakan waktu dengan baik saat menjadi mahasiswa.

Apa saja yang akan membuat anda sesali setelah anda lulus kuliah, mungkin dengan baca posting ini kamu menyadari untuk melakukan hal-hal positif ini dimasa kuliah kamu


1. Mahasiswa sudah disebut dewasa, tapi kenapa hobi kamu membolos kuliah dan nongkrong di kantin.

Mahasiswa sudah dianggap sebagai orang dewasa yang matang dalam mengambil keputusan tak terkecuali hobi yang satu ini Nongkrong di kantin. Biasanya mahasiswa pemalas betah saat berada di kantin dan memilih diam di kantin untuk ngobi bareng sambil ngobrol ketauhi hal ini sebenarnya merugikan mahasiswa. Saat kita bolos hal yang paling rugi adalah kita kehilangan kesempatan untuk mendapatkan ilmu dan kita sudah membayar perkuliahan sedangkan orang tua kita bahkan kerja keras untuk membiayai kuliah kita.



2. Kuliah, tak semestinya di jalani asal-asalan namun kamu menjalani kuliah terlalu santai.



Butuh semangat dan tekad memang untuk menjadi mahasiswa yang berhasil. Menjadi mahasiswa bukan sekedar nilai semata namun ilmu dan pengetahuan yang kamu serap saat kuliah itulah yang terpenting dan akan menentukan masa depanmu kelak. Terkadang kita kurang bersungguh sungguh saat menjalani perkuliahan kita masuk hanya untuk absen semata ketahuilah itu adalah hal yang salah absen bukan yang akan menentukan masa depanmu.


3. Sistem kebut semalam bukan solusi itu adalah kesalahan yang fatal.


Setiap mahasiswa pasti pernah mengalami hal yang satu ini. Terkadang yang kita kejar dari sebuah ujian adalah nilai yang bagus namun ketahuilah nilai sebenarnya jangan dijadikan prioritas utama dalam kehidupan perkuliahan. Kesalahan fatal adalah saat anda mengerjakan tugas kuliah dengan sistem kebut semalam yang menandakan kurang manajerialnya hidup anda. Memiliki perencanaan baik dan mementikan skala proritas dibutuhkan untuk menghindari sistem kebut semalam (SKS). Hal yang perlu di koreksi adalah belajar adalah sebuah proses lakukanlah pengulangan kembali maeri-materi kuliah jangan ketika anda ada ujian anda baru belajar itu adalah hal yang salah.


4.Menyontek berarti kamu tidak percaya pada diri sendiri dan tidak menghargai diri sendiri.


Mahasiswa adalah orang dewasa yang sudah mengetahui mana sesuatu yang benar dan mana sesuatu salah. Mencontek adalah prilaku menyimpang yang menunjukan anda berlaku curang dan membohongi diri anda sendiri. Kebiasaan mencontek sanga berbahaya bila dibiarkan.

Mahasiswa adalah orang yang memiliki fase belajar lebih lama dan biasanya nanti setelah terjun di masyarakat para sarjana di tempatkan di posisi terntentu  yang stategis contoh saja seorang sarjana ekonomi setelah lulus akan menjadi manajer, dosen atau kepala pengelola bank anda tidak membayangkan bila sikap membohong ini akan terbawa samai dunia kerja kamu akan melakukan kelahan fatal bila saat menjadi mahasiswa memiliki kebiasaan buruk ini.



5. Ketika yang lain sibuk membangun diri anda malah menjadi mahasiswa kupu-kupu.



Saat menjalani kehidupan kampus inilah masa saat kamu harus mengembankan potensi-potensi dalam diri kamu. Sayang rasanya bila dilewatkan dengan malas malasan apalagi menjadi seoran mahasiswa kupu-kupu. Saat kuliah gunakanlah kesempatan untuk networking carilah teman sebanyak banyaknya. Anda jangan menjadi mahasiswa yang apatis tanpa mepeduliakan lingkungan sekitar.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita ambil daat kita memilih untuk aktif di kampus pertemanan yang akan membantu anda juga untuk meraih kesuksesan contohnya kita tidak tau kelak nanti teman kita atau senior atau junior menjadi sebuah CEO di sebuah perusahaan.



6. Banyak waktu luang dan kamu tidak memanfaatkanya untuk berorganisasi.



Mungkin kia sebaga mahasiswa pernah melontarka kata-kata "Ngapain si mereka demo-demo gak jelas". Dalam dunia kampus kita mengetahui ada dua organisasi yankni organisasi intra dan esktra kampus. Disarankan untuk kita masuk ke dalam organisasi intra kampus atau lebih dikenal BEM. BEM ini salah satu organisasi yang menjadi jembatan penghubung antara pihak kampus dan mahasiswa. BEM juga merupakan penubung lidah mahasiswa atau penyambung aspiras mahasiswa.

Beroganisasi menambah softskill menumbuhkan sikap kritis dan banyak pengalaman yang didapat dalam organisasi seperti kita dilatih untuk berbicara di depan umum. Nantinya softskill inilah yang akan membantu kita saat di dunia kerja.


7. Alih-alih mengembangkan diri namun kamu enggan mengasah bakatmu sendiri.



Ketahuilah dunia perkuliahan bukan sekedar ujian dan tugas. Kampus juga memfalitasi kegiatan non-akademik seperti kegiatan-kegiatan extara. Waktu kita sekolah mungkin ini dikenal dengan istilah ekstra kulikuler.

Sebenarnya ada banyak kegiatan UKM fakultas di kampus contohnya teater, bedah musik dan film, kepenulisan. Ada juga di UKM universitas seperti paduan suara, karate, pencinta alam dll. Masih banyak sebenarnya tinggal minat dan bakat kamu dimana kembangkanlah selagi masih di kampus.



8. Bukannya semakin gemar membaca tapi kamu malah bosang dengan situasi kampus.

Tempat yang satu ini adalah perpustakaan yang di dalamnya banyak menyimpan sumber-sumber ilmu. Banyak diantara kita yang kurang paham seberaa pentingnya perpustakaan untuk seorang mahasiswa. Di tempat ini pula kamu bisa menambah wawasan referensi dan ilmu-ilmu lain di luar kelas perkuliahan.

9. Banyak peluang beasiswa tapi kamu kurang memanfaatkanya.


Terkadang kita keasyikan kuliah kalau saja anda mencari informasi seputar peluang beasiswa sebenarnya sangat banyak peluang beasiswa baik dari goverment atau dari swasta. Seperti dari korporasi-korporasi besar biasanya sering membuka beasiswa di setiap semesternya. Biasanya kita dituntut untuk memiliki IPK stabil dan aktif dalam kegiatan organisasi menjadi salah satu kriteria untuk mendapatkan beasiswa. Kamu masih kuliah dan masih berpeluang besar untuk mendapatkan beasisaw carilah informasi sebanyak mungkin.



10. Ada dunia luas di luar sana, tapi kamu terlau takut untuk mencoba menggapainya.



Ada sebuah program yang memungkinkan kaum untuk pergi ke luar negeri selama kuliah itu adalah program pertukaran pelajar. Disana kamu akan melihat dunia lebih luas tempat kuliah, teman, bahasa, lingkungan, budaya hingga gaya hidup yang berbeda.

Kamu dituntut untuk mberadaptasi dengan cepat menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, dan berfikir dan bersikap fleksibel. Namun rasa minder dan takut terlanjur mengalahkan langkahmu kita terkadang memilih zona nyaman padahal mencoba sesuatu yang baru merupakan hal yang baik untuk sebuah pengalaman karena salah satu hal yang paling berharga di dunia ini aalah pengalaman.



11. Kuliah di jalanani dengan begitu saja tanpa ada targetan cumlaude

   
Kuliah adalah masa paling berpotensi dalam mengejar target cumlaude dan lulus 3 tahun. Namun semangat itu sering kali redup saat kita merasa kurang minat dalam jurusan yang kita tempati. Atau banyak faktor kecewa tidak diterima di universitas impian padahal kamu hanya melakukan hal yang sia-sia bila berfikir demikian.

Kuliah butuh perencanaan yang matang kuliah juga mulai menentukan goal-goal apa saja yang akan kamu capai kelak kelola lah diri kamu dari sekarang untuk kedepanya.   



12. Selama kuliah kamu tak pernah terpikirkan untuk mencari pekerjaan part time hitung-hitung menambah uang saku. 

Ketika lulus anda merasakan manfaat kerja sambilan saat masih menjadi mahasiswa. Ini waktu yang tepat menambah pengalaman, melatih mental juga keterampilan di dunia kerja.

Ketika kamu bisa berprestasi sekalipun sambil bekerja paruh waktu, lembar-lembar CV-mu tentu akan punya nilai tambah. Dengan berusaha menyeimbangkan dua dunia, kamu bisa membuktikan bahwa kamu mampu membagi waktu dan bekerja dalam tekanan. Selain itu, di dalam dirimu sudah tertanam kegigihan dan semangat seorang pekerja keras.

13. Banyak hal berharga saat di kampus termasuk merintis usaha kecil-kecilan.


Sekarang Ini semakin banyak mahasiswa yang tertarik pada dunia usaha. Menjajal kemampuan dan keberuntungan di bidang entrepreneurship berbekal ide-ide usaha yang unik. Pilihan menjadi wirausahawan bukan semata-mata usaha ‘banting setir’ lantaran nggak dapat pekerjaan lain. Seringkali, mahasiswa memang tertarik dan yakin bisa sukses dengan menggeluti bidang ini.

Kampus-kampus negeri dan pemerintah sebenarnya sudah bekerja sama untuk memfasilitasi mahasiswa yang ingin berwirausaha. Lewat PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa – Kewirausahaan), mahasiswa bisa menyalurkan konsep-konsep usaha yang kreatif, inovatif, dan tentunya bisa menghasilkan keuntungan.

Mahasiswa bisa maju secara perorangan dan kelomok untuk mengajukan proposal usaha proposal yang dikmpulkan dari seluruh kampus di indonesia akan di seleksi dan diperklombakan. Dan proposal yang lulus seleksi maka akan mendapat pendanaan dalam rangka mewujudkan usahanya.

Ada bocoran juga dana yang dikeluarkan oleh pemerintah inin tidak sedikit loh maka kalo ngin sunguh sungguh mengeluti dunia usaha mulalah sedini mungkin saat masih menjad mahasiswa.


Buat kamu mahasiswa baru atau calon-calon mahasiswa, semoga bisa menghindari hal-hal di atas, ya. Sementara, buat kamu yang terlanjur di semester akhir atau sudah lulus, mungkin kamu hanya bisa bernostalgia. Mari menjadi lebih baik di jenjang kehidupan selanjutnya.


Sumber :Hipwee

Share this

5 Responses to "Beberapa Hal Mungkin Akan Kamu Sesali Setelah Lulus Kuliah"

  1. Kalo saya masih SMK mas belum kuliah nih...

    ReplyDelete
  2. bagi yang smk ini bisa menjadi bekal pas nanti kuliah @Achmad
    @Juwita @pemrograman oke gan menjuju sarjana nih.

    ReplyDelete
  3. Saya gak merasakan kuliah gan, lulus langsung kerja

    ReplyDelete