Saturday, November 7, 2015

Madagaskar Adalah Indonesia ?


Madagaskar sebuah negara pulau di afrika ternyata memiliki budaya lebih mirip dengan Indonesia di bandingkan dengan budaya Afrika dataran berikut hasil survei mengapa madagaskar sangat memiliki kemiripan dengan Indonesia


1. Pulau Madagaskar 8000 Km dari Nusantara



Menurut catcatan sejarah madagaskar pertama kali dihuni oleh orang-orang dari Nusantara. Mereka berlayah lebih dari 8000 km dari kalimantan dan sulawesi. Sejauh ini para ahli belum menemuka bukti fisik. Akan tetapi mitokondria DNA penduduk madagaskar yang mengungkap bahwa penduduk madagaskar adalah keturunan Indonesia.


2. DNA



Penelitian dari universitas Massey, New Zealand, menganalisa DNA milik 266 orang. Dalam kelompok ersebut, mereka menemukan 22 persen tanda generik "orang indonesia". Jika sampel ini DNA benar diperkirakan ada sekitar 30 perempuan Indonesia yang membentuk populasi awal di madagaskar.



3. Metode Pertanian


Beberapa kemiripan lain Madagaskar dan Indonesia adalah pada sektor pertanian yang banyak menggunakan metode dan teknologi serupa dengan Indonesia. Menurut catatan sejarah, pendatang baru menanami padi di dataran tinggi madagaskar sejak abad ke 6. Mereka disebut vazimba yang diterjemahkan berarti orang rimba.




4. Model Rumah


Rumah tradisional madagaskar berbeda dengan rumah tradisional afrika yang umumnya berbentuk bulat namun rumah madagaskar lebih mirip rumah-rumah tradisional nusantara dan atapnya berbentuk segitiga. Penduduk madagaskar juga mengunakan pakaian yang terbuat dari bahan serat tanaman. Berbeda dengan Afrika yang lebih menggunakan kulit binatang.


5. Kemiripan Bahasa



Meskipun Madagaskar dijajah Perancis dan mewarisi bahasa Perancis akan tetapi Madagaskar tetap menjaga dan memelihara bahasa Malagasi yang masih masuk ke dalam rumpun bahasa Melayu-Polenesia. Di dalam bahasa Malagasi sangat terpengaruh dengan bahasa barito, Kalimantan juga bahasa Jawa dan Melayu. Contohnya kata tangan menjadi Tanae dan nusa menjadi nosy. Bahasa Malagasy juga mengadopsi bahasa kulit dan putih dari bahasa melayu



6. Pengaruh Dalam Kuliner


Sebagaimana Indonesia nasi juga makan pokok penduduk Madagaskar. Tradisi kuliner di Madagaskar juga di pengaruhi kuliner khas Nusantara. Nasi biasanya ditemani lauk atau laoka, yakni sayur dan daging yang ditumis dengan saus tomat atau santan.


7. Tanda Tanya Besar


Sejak dihuni pertamakali 1200 tahun lalu oleh pendatang asal nusantara, kini Madagaskar memiliki identitas sendiri yang banyak terpengaruh budaya lain, semisal Arab, Afrika, Bantu dan bahkan Perancis. Tapi pertanyaan tentang bagaimana kapal asal Indonesia saat itu bisa berlayar 8000 kilometer tanpa kompas dan peta, belum akan terjawab.

Share this

4 Responses to "Madagaskar Adalah Indonesia ?"

  1. Bisa jadi mmg benar asal usul madagaskar dari indo

    ReplyDelete
  2. kecocokan Dna dan kemiripan kebudayaan. Madagaskar lebih identik seperti Malayo-Polinesia ketibang Afrika.

    ReplyDelete
  3. Budayanya emang mirip indonesia ya

    ReplyDelete
  4. @Juwita kita sebenarnya satu rumpun dengan orang Malagasi karena lihat bahasa,budaya dan bentuk fisik identik Indonesia banget..

    ReplyDelete