Sunday, August 23, 2015

Apa Itu Pinter 3D ?



Mengenal Printer 3D
       Printer 3D adalah sebuah alat untuk mencetak  berlapis untuk membentuk benda padat dengan perspektif 3D yang dapat dipegang dan memiliki volume.
       
Materi yang digunakan adalah plastik, bisa jenis acrylonitrile butadiene styrene (ABS) maupun polylactic acid (PLA). "Kalau saya suka pakai PLA. Dia terbuat dari biji jagung dan bisa terurai. Kalau ABS adalah materi yang dipakai mainan lego, yang terbilang lama terurai.

       Proses pencetakan memang terbilang lama. Butuh waktu dua jam untuk mencetak benda 3D dengan dimensi tinggi 10 cm, panjang 5cm, dan lebar 5 cm.
       Sebenarnya, proses cetak itu bisa dipercepat. Namun, ada beberapa konsekuensi yang harus diterima, di mana bagian dalam obyek menjadi tidak padat alias kopong.
       Benda yang dicetak dari printer 3D sejauh ini hanya bisa dihasilkan dalam satu warna. "Jika ingin berwarna, kita harus memberi cat secara manual. Materi plastiknya tidak akan rusak jika kena cat,
   

Inilah hasil cetak sebuah printer 3D


Memanfaatkan "open source"

       Dalam mengembangkan printer 3D, kita juga bisa memanfaatkan teknologi open source untuk driver dan software. ada sebuah forum di dunia maya yang khusus membahas tentang terknologi ini.
       Di forum itu, kita bisa tahu kalau ada algoritma yang lebih baik dan memberi struktur lebih mudah. Bukan cuma soal teknis, dari sana juga kita tahu soal materi yang mudah dicari dan lebih terjangkau," jelasnya.
        Untuk mendesain bentuk 3D, kita bisa menggunakan software Pronter Face dan Repetier. Komputer yang dipakainya terhubung ke motherboard printer melalui kabel USB.Motherboard inilah yang memerintahkan gerakan koordinat X, Y, dan Z, menerjemahkan dokumen digital menjadi obyek nyata 3D.
     

Share this

0 Comment to "Apa Itu Pinter 3D ?"

Post a Comment