Tuesday, March 17, 2015

Mengenal Pikiran Sadar Dan Bawah Sadar

Pikiaran Sadar (Concious Mind)
       Secara sederhana, pikiran sadar dalam kehidupan manusia sehari-hari bisa disebut pikiran yang selalu menggunakan nalar, logika, dan bersifat analitis. Apa pun data yang ditagkap melalui pancaindra (mata,hidung, telinga, lidah, atau peraba) apapun yang ditangkap adan di sampaikan sesuai dengan apa yang diraba.
       Secara fisik, pikiran sadar ada pada otak kiri dan fungsinya adalah untuk mengakses bahasa verbal, logika, angka, urutan, peilaian, perhitungan, analisis, linear, yang sifatnya short term memory.
       Pikiran sadar ini bersifat sangat kritis sehingga apa pun informasi data yang di input ke dalam otak kiri merupakan informasi yang bekerja sesuai fakta tanpa  ada rekayasa sedikit pun.
       Dalam aplikasinya, pikiran sadar adalah proses mental yang anda sadari dan juga anda kendalikan. Biasanya pikiran sadar bekerja sangat menonjol pada orang yang mahir dan terampil dari segi kemampuan intelligence quotient (IQ).
Pikiran Bawah Sadar (Sub-concious Mind)
       Menurut artikel Reader's Digest berjudul kehebatan Tubuh Manusia dan Kepedulianya (1962), bagian paling menakjubkan dari pikiran adalah pikiran bawah sadar. Letaknya di bawah memori dan berukuran ribuan kali lebih besar. Pikiran bawah sadar terdiri atas jutaan pengalaman masa lalu, yang sepengetahuan pikiran sadar telah menghilang selamanya. Banyak ahli jiwa percaya bahwa kita bisa lebih banyak sekali yang merasa beruntung karena mereka dapat bicara dengan pikiran bawah sadarnya. Dan beberapa orang bisa melakukan tawar menawar untuk menentukan jam bangun pagi. Anda juga bilang pada diri sediti ketika akan tidur dan percaya bahwa besok akan lebih bahagia.
       Pikiran bawah sadar secara fisik berada pada otak kanan yang berfungsi untuk mengakses dan menyimpan data-data berupa kebiasaan atau reflesk, emosi, kepriadian, presepsi, imajinasi, intuisi, visi, keyakinan (belief system) kreativitas dan nilai-nilai permanen (value), fungsi-fungsi tubuh yang bekerja secara otomatis, long term memory dan lain-lain.
       Secara umum, pikiran bawah sadar disebut juga bank of memory karena disilah letak seluruh rekamankejadian yang kita pernah alami, baik cara berfikir kita, kata-kata, pengalaman empiris, pengalaman induktif, ataupun informasi-informasi yang diterima oleh pancaindra yang tersimpan dalam memory.
       Pikiran bawah sadar adalah gerbang anda untuk masuk ke dalam masa lampau dengan segala memori di dalamnya bisa anda munculkan kembali kapan sesuka anada. Dalam aplikasinya, pikiran bawah sadar adalah proses mental yang berfungsi secara automatis tanpa anda sadari. 


Share this

0 Comment to "Mengenal Pikiran Sadar Dan Bawah Sadar"

Post a Comment